Pages

Rabu, 07 Januari 2009

penggunaan data

Ada empat aspek utama dalam keamanan komputer.
• Privacy/Confidentiality yaitu usaha menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses (mengaransi bahwa data pribadi tetap pribadi).
• Integrity yaitu usaha untuk menjaga data atau sistem tidak diubah oleh yang tidak berhak.
• Authentication yaitu usaha atau metoda untuk mengetahui keaslian dari informasi, misalnya apakah informasi yang dikirim dibuka oleh orang yang benar (asli) atau layanan dari server yang diberikan benar berasal dari server yang dimaksud.
• Availability berhubungan dengan ketersediaan sistem dan data (informasi) ketika dibutuhkan.
Keempat aspek ini menjadi dasar untuk melakukan pengamanan terhadap sistem atau data. Keamanan komputer adalah sebuah proses, yang harus dijalankan untuk mengamankan sistem dan dalam penerapannya harus dilakukan dengan menyeluruh. Bagian-bagian keamanan yang ada pada Data Center mengacu pada empat aspek dasar keamanan yang disebutkan sebelumnya. Sebagai contoh keamanan fisik untuk pengamanan ruang penyimpanan data digunakan sensor biometric. Pengunaan sensor biometric tersebut menyangkut privacy, integrity, authentication dan availabilty.
Bagian keamanan yang ada pada Data Center terkait satu dengan yang lainnya. Kita tidak dapat hanya menekankan keamanan terhadap data saja dengan menerapkan teknik dan metoda terbaru tetapi harus pula dibarengi dengan keamanan fisik dan kebijakan dalam rangka pengamanan data. Konvergensi antara keamanan data/informasi dengan keamanan fisik dalam Data Center merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan untuk memberikan pengamanan yang terbaik pada sebuah Data Center.
Banyak contoh yang menggambarkan hal ini, misalnya proteksi data dilakukan dengan pengenkripsian 512 bit yang pastinya akan sangat sulit dipecahkan. Tetapi data tersebut di simpan dalam ruangan yang lembab atau ruangan yang mudah terbakar. Maka bila suatu saat ruangan tempat penyimpanan data tersebut mengalami sesuatu seperti kebakaran, data yang kita proteksi dengan enkripsi 512 bit tidak akan berguna lagi. Contoh lain ruangan server yang ada pada Data Center dibersihkan oleh seorang petugas kebersihan dan tanpa sengaja dia menekan tombol power yang mengakibatkan server mati. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian bagi sebuah organisasi, namun penyebab utama terjadinya hal ini karena kurangnya kebijakan keamanan yang tidak mengatur apa, kapan, siapa dan bagaimana pembersihan pada ruang server. Untuk itulah pentingnya juga memperhatikan aspek keamanan lainnya agar data dapat tersimpan dengan aman dan baik. Untuk itu tulisan ini akan menitik beratkan pada keamanan fisik pada sebuah Data Center yang seringkali kurang menjadi perhatian penting dalam manajemen data pada Data Center.
2.1.1 Definisi Data Center
Pada awal pembahasan telah menyinggung bahwa Data Center adalah pusat data pada sebuah organisasi, tempat dimana data disimpan. Dari pencarian menggunakan search engine Google ada beberapa pengertian Data Center. Berikut ini pengertiannya yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.
• Suatu struktur fisik, biasanya berupa bangunan khusus/tersendiri, yang dirancang sebagai rumah untuk berbagai macam komputer. Data center dapat berupa privat, melayani sebuah perusahaan atau biasanya bersifat publik yang melayani banyak perusahaan. mixonline.com/education/articles/audio_pedant_big_box/
• (1) Suatu cara institusional yang didukung fasilitas penyediaan akses data yang mudah untuk, manipulasi, dan/atau pendistribusian kumpulan data (termasuk mendukung informasi dan keahlian) untuk sebuah komunitas yang luas dari pemakai. Sebuah Data Center dapat menciptakan Data Khusus Produk ketika diperlukan. (2) Suatu fasilitas penyimpanan, pemeliharaan, dan membuat kumpulan data tersedia untuk kegunaan yang diharapkan berkelanjutan dan/atau untuk aktifitas masa datang. podaac.jpl.nasa.gov/glossary/
• Sebuah lokasi yang aman untuk hosting web server. Data Center dirancang untuk menjamin bahwa server dan data yang dirumahkan pada lokasi tersebut terlidungi dari resiko lingkungan dan pelanggaran keamanan. www.verio.com/support/files/glossary.cfm
• Suatu istilah umum untuk Internet hotel, carrier hotel, server farm, co-location facility, dan lainnya. Sebuah fasilitas yang menyediakan penyimpanan dan pengolahan server, jaringan dan peralatan computer. www.eei.org/industry_issues/retail_services_and_delivery/Internet_Hotels/definitions/
• Bagian dari bangunan computer yang ‘merumahkan’ DHS computer, masukan data, pengendali produksi, format penyimpanan, mail unit, dan bagian pengendali jaringan. Data center dipisahkan dari bangunan komputer dengan pintu keamanan.
www.dads.state.tx.us/handbooks/amh/B/16000/16100.htm
• Data center adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk merumahkan peralatan elektronik dalam jumlah besar, biasanya komputer dan peralatan komunikasi. Dari namanya menyiratkan, sebuah Data Center biasanya diolah oleh sebuah organisasi untuk tujuan menangani data-data penting untuk operasi. Sebuah bank contohnya mungkin memiliki Data Center, dimana semua informasi nomor nasabah dirawat dan termasuk transaksi yang menyertakan data dilaksanakan. en.wikipedia.org/wiki/Data_center
• Sebuah Data Center (kadang-kadang dieja datacenter) adalah penyimpanan sentral, baik fisik maupun virtual untuk media penyimpanan, manajemen, dan penghamburan dari data dan informasi diorganisir sekitar badan pengetahuan tertentu atau menyinggung pada bisnis tertentu. Sebagai contoh National Climatic Data Center (NCDC) adalah sebuah data center umum yang merawat arsip dunia terbesar mengenai informasi cuaca. www.searchdatacenter.com
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan Data Center adalah sebuah tempat yang aman untuk peralatan komputer, media penyimpanan dan peralatan komunikasi serta jaringan yang digunakan untuk menyimpan, mendistribusikan dan memelihara data dalam sebuah organisasi.
2.1.2 Definisi Keamanan Fisik
Pembahasan utama tulisan ini mengenai keamanan fisik data center. Untuk itu akan dipaparkan terlebih dahulu definisi keamanan fisik. Berikut pengertian keamanan fisik.
• Perlindungan terhadap peralatan pemrosesan informasi dari kehancuran, kerusakan atau kehilangan; fasilitas pemrosesan informasi dari kehancuran, kerusakan dan masukan yang tidak sah; dan personil dari situasi yang berpotensi berbahaya.
sam.dgs.ca.gov/TOC/4800/4840.4.htm
• Penggunaan kunci, penjaga, lencana dan ukuran administratif sejenis untuk mengendalikan akses ke komputer dan peralatan yang berhubungan. Dan pengukuran yang dibutuhkan untuk melindungi struktur dari rumah komputer, peralatan yang berhubungan dan isinya dari kehancuran karena kecelakaan, kebakaran, bahaya lingkungan, kejahatan, pengrusakan, spionase industri dan lainnya. www.flashback.se/archive/BT/btcsmg.html
• Keamanan fisik mendeskripsikan ukuran yang mencegah atau menanggulangi dari pengaksesan sebuah fasilitas, sumber daya, atau informasi yang disimpan pada media fisik. Dapat disederhanakan sebagai penguncian pintu atau sebagai rincian lapisan jamak dari penjagaan bersenjata. en.wikipedia.org/wiki/Physical_security
Dapat disimpulkan keamanan fisik adalah tindakan atau cara yang dilakukan untuk mencegah atau menanggulangi dan menjaga orang, hardware, program, jaringan dan data dari bahaya fisik dan kejadian yang dapat menyebabkan kehilangan yang besar atau kehancuran. Keamanan fisik termasuk perlindungan terhadap kebakaran, bencana alam, pencurian, vandalism dan teroris. Lebih lanjut mengenai aspek keamanan fisik Data Center akan dijelaskan pada sub bagian 2.2.

2.1.3 Aspek Keamanan Data/Informasi Data Center (Virtual)
Aspek keamanan data/informasi atau disebut juga keamanan virtual pada data center menyangkut hal-hal sebagai berikut.
• Kontrol akses logikal, menyangkut apa, siapa dan bagaimana data diakses secara virtual. Contohnya seperti password untuk menentukan hak akses.
• Kontrol penyimpan, menyangkut berapa lama data disimpan dan jenis keamanan apa yang digunakan pada media penyimpan dan data yang disimpan. Contohnya sistem backup data yang dipakai dan enkripsi yang digunakan.
• Keamanan jaringan baik jaringan intranet maupun internet terkait dengan konfigurasi jaringan, hak akses jaringan, firewall, intrusion detection dan lainnya.
• Keamanan sistem terkait dengan sistem operasi yang digunakan.
2.1.4 Kebijakan Keamanan Data Center
Keamanan fisik dan keamanan virtual dalam data center tidak terlepas dari kebijakan keamanan yang diterapkan di sebuah data center. Prosedur dan kebijakan yang diterapkan harus dapat berhasil dengan efektif. Namun kebijakan dan prosedur yang diterapkan sangat terkait sumber daya manusia yang akan melakukan kebijakan. Secara umum kebijakan keamanan menyangkut pengaturan terhadap sistem, pengaturan terhadap hak akses dan pengguna, pengaturan pengoperasian, prosedur backup dan pengaturan penyimpanan, serta kebijakan yang terkait dengan kontrol akses fisik dan lainnya. Memberikan pelatihan kepada staf tentang pentingnya mematuhi dan menjalankan prosedur serta kebijakan yang berlaku merupakan sebuah cara yang dapat dilakukan agar kebijakan keamanan dapat mencapai tujuannya.
2.2 Keamanan Fisik Data Center
Jika dahulu keamanan fisik dianggap tidak penting dan sering diabaikan, namun sekarang pandangan tersebut telah mulai berubah. Ada banyak kejadian yang membuat pandangan ini berubah. Sebagai contoh adanya penelitian dari computer forensics experts Pinkerton bahwa 70% data dicuri dari sebuah perusahaan adalah pencurian fisik, dari laptop dan harddisk ke CD atau peningkatan tinggi kapasistas penyimpanan mini menyebabkan kemudahan dalam pencurian data.
Selain itu juga bencana alam, membuat orang menjadi berubah pandangan akan pentingnya keamanan fisik. Bagaimana menjaga data agar tetap aman jika terjadi bencana alam, bagaimana strategi pemulihan kembali setelah terjadi bencana adalah topik hangat yang diperbincangkan pada banyak artikel-artikel keamanan di internet.
Hal-hal tersebut di atas menjadi pertimbangan dalam pengamanan fisik data center. Keamanan fisik mulai diperhatikan, kebijakan keamanan yang terkait dengan keamanan fisik mulai dilihat ulang dan diperbaiki. Bagaimanan pengontrolan akses fisik, bagaimana standar ruangan server, bagaimana penyimpanan data, bagaimana prosedur backup, bagaimana standar keamanan gedung tempat data center dan lainnya, mulai mengimplementasikan aspek-aspek keamanan fisik. Untuk itu perlu mengetahui lebih lanjut mengenai resiko dan ancaman keamanan fisik serta metoda pengamanannya, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan untuk bahaya keamanan fisik.
2.2.1 Jenis-Jenis Ancaman dan Resiko Keamanan Fisik pada Data Center
Ancaman dan resiko pada data center adalah sebagai berikut.
• Keamanan fisik dan faktor lingkungan
Penerapan keamanan fisik harus memperhatikan faktor lingkungan dan menerapkan kontrol keamanan lingkungan. Dari hasil survei yang dilakukan, 70% manajer mengatakan resiko terbesar adalah bahaya lingkungan sebagai ancaman terbesar. Bahaya lingkungan ini berupa kebakaran, banjir, embun, suhu, listrik, gempa bumi dan bentuk-bentuk bencana alam lainnya yang memberikan pengaruh negatif untuk peralatan yang ada dalam data center. Namun banyak yang belum siap untuk mengatasi bahaya ini, karena menganggap bahwa bencana belum tentu akan terjadi.
• Keamanan fisik dan faktor manusia
Manusia merupakan faktor penting dalam keamanan fisik. Eksploitasi keamanan komputer kebanyakan dilakukan oleh manusia. Jika menganggap bahwa sesorang yang tidak sah tidak mungkin masuk ke ruang server atau ruang penyimpanan data adalah sebuah hal yang salah. Hal ini dapat menjadi ancaman terbesar untuk data center. Namun demikian kita tidak hanya memperhatikan eksploitasi keamanan oleh orang dari luar, namun harus peduli pula dengan orang yang berasal dari dalam. Hal ini adalah ancaman terbesar karena orang berasal dari dalam dan lebih mengetahui dibandingkan penyusup dari luar.
• Keamanan fisik dan faktor finansial
Perlu investasi yang cukup lumayan untuk mengimplementasikan keamanan fisik yang terintegrasi di sebuah data center. Namun terkadang karena alasan keuangan pengimplementasian tidak jadi dilakukan. Jika para manejer mengabaikan hal tersebut bisa jadi hal tersebut merupakan tindakan yang benar. Namun pandangan yang demikian adalah salah, pengimplementasian keamanan fisik harus diinvestasikan seefisien dan seefektif mungkin, karena jika terjadi sesuatu karena faktor lingkungan atau faktor manusia telah ada pencegahan dan penanggulangannya. Dengan penerapan keamanan fisik resiko kehilangan baik pada data ataupun perangkat keras menjadi lebih kecil, kerugian yang didapat tidak sebesar tanpa penerapan keamanan fisik. Jadi wajar saja jika diinvestasikan untuk keamanan fisik.
2.2.2 Metoda Pengamanan Fisik pada Data Center
Dalam bagian sebelumnya telah membahas resiko dan ancaman keamanan fisik dari berbagai faktor. Selanjut akan dibahas mengenai metoda keamanan untuk mengatasi dan menanggulangi kerugian serta ancaman dari faktor lingkungan dan faktor manusia. Banyak cara dan metoda yang dapat digunakan mulai dari cara sederhana sampai menggunakan teknologi canggih, namun perlu diingatkan manusia adalah faktor penentu untuk keberhasilan keamanan di sebuah data center. Selain itu juga cara yang akan digunakan terkait dengan kebijakan yang akan diterapkan, jadi pada dasarnya penerapan keamanan fisik haruslah terintegrasi dan menyeluruh dengan keamanan informasi.
Faktor Lingkungan
Bangunan Tempat Data Center
Faktor lingkungan berkaitan erat dengan bangunan tempat data center didirikan untuk itu sebagai awal pembahasan akan dimulai mengenai lokasi bangunan dan fisik bangunan untuk data center sebagai langkah awal pengamanan data.
• Lokasi Data Center
Pemilihan lokasi bagunan mejadi hal yang harus diperhatikan. Kesadaran ini muncul sejak peristiwa 11 September, runtuhnya WTC membuat orang menjadi memperhatikan pemilihan lokasi yang tepat untuk Data Center. Hal-hal berikut dapat dijadikan bahan pertimbangan dari segi aspek keamanan dalam pemilihan lokasi. Lokasi yang dipilih sebaiknya yang memiliki sedikit resiko baik dari ancaman bencana alam (jalur gempa, daerah rawan banjir atau daerah rawan tornado) maupun dari ancaman teroris dan vandalisme. Data Center sebaiknya dibangun terpisah dari kantor pusat. Cukup jauh dari jalan raya utama. Tidak bertetangga dengan bandar udara, pabrik kimia, jalur pipa gas, pusat keramaian (pasar, stadium olahraga) dan pusat pembangkit listrik. Dan juga lokasi memiliki fasilitas yang memadai, seperti kecukupan tenaga listrik.
• Kontruksi Bangunan Data Center
Setelah memilih lokasi yang baik selanjutnya kita harus memperhatikan bagunan yang akan didirikan untuk data center. Bangunan harus memperhatikan masalah sirkulasi udara karena hal ini terkait dengan suhu, ventilasi udara yang cukup, penggunaan AC yang direncanakan dengan baik. Karena biasanya bangunan data center dibuat dengan sedikit/bahkan tidak ada jendela dan tertutup. Bahan bangunan yang dipakai harus tidak mudah terbakar serta kontruksi bangunan yang tahan gempa. Adanya ruangan terpisah antara ruangan administratif dengan ruangan server dan data. Gunakan standar pendingin ruangan seperti TIA-942 dan perhatikan pengaturan kabel yang melalui bawah lantai. Menyiapkan kabel standar untuk instalasi listrik yang dibutuhkan dan konstruksi bangunan harus memperhatikan hal tersebut. Pintu masuk dirancang sangat terbatas. Pintu kebakaran dirancang untuk keluar saja. Segala aspek keamanan dalam bangunan sebuah data center harus direncanakan dengan baik. Kontruksi dan arsitektur bangunan harus dapat mengakomodasi semua hal berkaitan dengan keamanan fisik. Layout berikut ini menggambarkan contoh ruangan yang ada dalam Data Center.

Gambar 2.1 Layout bangunan data center.

• Pengamanan disekililing bangunan
Disekeliling bangunan data center seharusnya adalah bidang kosong, bangunan data center sebaiknya memiliki jarak ± 10 meter dengan bangunan lain atau tanaman dan pohon, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan. Dinding dan tembok yang ada disekitar data center harus dapat dimonitor dengan baik. Penggunaan kamera CCTV sebagai pengawas adalah hal minimal yang harus dilakukan. Selain itu juga kamera yang digunakan sebaiknya memiliki kemampuan terhadap cahaya rendah, tahan terhadap suhu dan cuaca. Selain itu juga penggunaan landscape setelah bidang kosong pada data center baik dilakukan, adanya pepohonan dan taman akan membuat data center tersembunyi dari orang yang lewat disekitar data center serta pengintai.
Pengawasan juga tidak terlepas dari areal parkir yang ada didekat data center. Pengawasan orang yang masuk dan keluar di kawasan data center harus dimonitor dengan baik. Penggunaan detektor bom perlu dilakukan untuk memeriksa setiap mobil yang masuk ke kawasan data center. Penggunaan penjaga atau petugas keamanan yang profesional merupakan sebuah hal yang harus dilakukan. Intinya jadikanlah bangunan data center sebagai sebuah benteng yang harus memiliki pengamanan baik diluarnya, agar orang yang tidak berkepentingan tidak mudah untuk masuk kedalam bangunan.
• Pengamanan didalam bangunan
Pengamanan didalam bangunan juga terkait dengan hal-hal lain seperti faktor manusia. Penggunaan kamera pengawas, sensor asap, sensor kebakaran merupakan hal standar yang harus diterapkan. Pengawasan terhadap pintu masuk dan keluar orang harus diperhatikan dengan baik. Pintu masuk yang menggunakan bahan dari baja serta penggunaan kaca dan dinding yang aman akan sulit dilalui. Namun penggunaan pendeteksi penyusup dapat pula diaplikasikan pada bangunan data center.
Kebakaran
Bahaya kebakaran sangat mungkin terjadi di data center. Kumpulan peralatan elektronik yang ada berpotensi untuk menyebabkan kebakaran. Suplai tenaga yang baik harus diperhatikan, bangunan yang tidak mudah terbakar, penggunaan sensor asap, sensor panas, pemadam api dan sistem penyemprot air merupakan hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi dan menanggulangi bahaya kebakaran. Pemasangan detektor dan sensor baik pada rungan komputer maupun di luar ruangan. Penggunaan alarm kebakaran dapat dilakukan baik secara manual maupun otomatis. Selain itu juga gunakan pemadam api yang sesuai dengan jenis kebakaran yang terjadi. Ada dua jenis pemadam api yaitu pemadam kimia kering dan pemadam dari gas halon. Serta perhatikan juga efek yang dapat ditimbulkan dari penggunaan pemadam api.
Berikut ini langkah-langkah yang ditulis oleh Lance D. Harry seorang manejer pengembang bisnis di Fenwal Protection System, yang dapat dilakukan untuk perencanaan kebakaran.
1. Proteksi = deteksi + suppresi
Idealnya proteksi yang dilakukan yaitu dengan menerapkan deteksi asap dan sistem suppresi kebakaran. Suppresi kebakaran dapat dilakukan dengan pemasangan detektor asap dan sensor udara pada langit-langit. Dan lengkapi dengan sistem penyemprot air baik skala kecil maupun besar seperti FM200.
2. Memahami secara keseluruhan strategi FP perusahaan.
3. Dapatkan ahli yang terpercaya untuk memberikan saran penanggulangan bahaya kebakaran.
4. Pahami kebutuhan lokal
Selain menerapkan standar tapi juga melihat kebutuhan perusahaan.
5. Lakukan penilaian resiko yang mencakup analisis TCO dalam fasilitas.
6. Lakukan perawatan sistem supaya dapat bertahan lama.
7. Didik dan latih pekerja.
Diharapkan dengan pendidikan dan latihan pekerja dapat memahami bahaya kebakaran dan peduli untuk mencegah terhadap kemungkinan timbulnya bahaya.
Suhu
Data center sangat rentan terhadap temperatur yang tinggi. Oleh sebab itu penggunaan sensor suhu yang diletakkan di rack server menjadi sebuah solusi untuk mengendalikan suhu. Selain memperhatikan panas pada server, yang perlu diperhatikan adalah suhu ruangan. Untuk itu diperlukan sistem pendingin yang baik. Sejak mulai awal pembangunan data center hendaknya sudah diperhitungkan berapa kapasitas yang diperlukan untuk membuat ruangan tetap dingin, sehingga tidak kesulitan dalam menghitung listrik yang dibutuhkan. Meningkatnya suhu dapat diatasi dengan penambahan AC, namun akan dapat menimbulkan masalah karena membutuhkan listrik yang cukup besar.
Ada beberapa pendekatan yang dikembangkan untuk menghitung besarnya kebutuhan pendinginan. Pada dasarnya hal ini bergantung dari banyaknya jumlah peralatan yang ada didalam ruang komputer yang harus didinginkan. Cara sederhananya mungkin dengan melihat kapasitas ruangan yang dapat menampung berapa banyak rack server kemudian dari hal tersebut dapat diperkirakan berapa kebutuhan pendinginan yang diperlukan.
Sebuah teknologi baru yang dapat diterapkan untuk menyesuaikan kapasitas pendinginan dengan kebutuhan ruang komputer. Lantai terbaru meningkatkan ketepatan sistem pendingin yang secara otomatis menyesuaikan kapasitas dengan kebutuhan ruangan tanpa memutar kompresor dan meningkatkan efisiensi dan realibilitas. Hal ini memungkinkan peningkatan kapasitas ekstra dalam sistem tanpa peningkatan dalam biaya energi. Keuntungan menggunakan pre-piping adalah kemudahan untuk menambahkan atau memindahkan model pendingin, selain itu juga realibilitas akan dapat tercapai.
Listrik/Tenaga
Kebutuhan listrik merupakan hal yang penting pada sebuah data center. Karena semua peralatan komputer, peralatan komunikasi dan jaringan serta pendingin membutuhkan energi. Selain itu juga penggunaan listrik cadangan seperti Genset dan UPS harus dilakukan. UPS yang digunakan harus memenuhi kebutuhan listrik dari semua peralatan yang ada. Batere UPS diharapkan dapat bertahan cukup lama sebelum digantikan dengan listrik cadangan dari Genset.
Banyak metoda yang dapat diterapkan untuk menghitung kebutuhan tenaga pada data center. Berikut ini contoh penghitungan tenaga listrik yang dibutuhkan.
Tabel 2.1 Informasi kebutuhan data center


Sekarang ini telah timbul semacam pandangan untuk mengurangi konsumsi energi pada sebuah data center, misalnya penggunaan teknologi pendingin terbaru, penggunaan energi lain seperti matahari atau hidrogen. Teknologi untuk hal ini masih terus dikembangkan seiring dengan kesadaran para manajer untuk lebih mengefisiensikan konsumsi energi di sebuah data center.
Bencana Alam
Bencana alam memang tak dapat dihindari, namun kita dapat mengantisipasi untuk mengurangi resiko yang disebabkan oleh bencana alam. Pada awal telah disebutkan bangunan data center harus jauh dari daerah yang sering dilanda bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, tornado dan sebagainya. Kontruksi bangunan yang memiliki ketahanan terhadap gempa adalah suatu cara yang dapat diterapkan. Selain itu juga rak server ditempatkan pada platform isolasi seismic sehingga resiko kerusakan jika terjadi gempa berskala kecil dapat dikurangi.
Namun demikian bencana alam bukan itu saja, untuk itu pentingnya penerapan backup yang kontinu pada sebuah data center dan tempat penyimpanan data hasil backup harus terpisah dari data center dan disimpan pada tempat yang aman pula. Antisipasi terhadap bencana alam, kebakaran atau kerusakan pada data center hanya dengan cara backup data. Teknologi backup data yang digunakan terkait erat dengan keamanan data secara virtual. Oleh sebab itu konvergensi keamanan fisik dan virtual pada keamanan data center merupakan hal yang tidak dapat ditawar. Backup dapat dilakukan langsung di data center menggunakan media backup seperti tape, cd, dvd atau alainnya. Namun dapat pula dilakukan secara virtual melalui jaringan. Backup yang dilakukan ini disebut dengan istilah remote replication jadi backup dilakukan dari hard disk ke hard disk. Karena dilakukan melalui jaringan diperlukan bandwidth yang cukup untuk melakukan hal ini dan aspek keamanan virtual harus lebih diperhatikan. Penyimpanan terhadap data hasil backup perlu diperhatikan. Gudang penyimpanan harus aman dari penyusup dan ruangan penyimpan harus baik, bebas debu, tidak lembab dan tidak mudah terbakar agar data tetap terjaga.
Backup yang dilakukan merupakan salah satu cara dalam perencanaan pemulihan bencana atau lebih dikenal dengan disaster recovery planning (DR planing). Dengan adanya perencanaan ini dimaksudkan setelah becana selesai dapat terus melanjutkan operasi bisnis. Data yang telah dibackup akan direstore sehingga bisnis dapat terus berlanjut.
Berikut ini cek list yang ditulis oleh Denis C. Brewer di newsletter searchdatacenter.com mengenai DR planning.
Rule 0
identifikasi semua proses bisnis kritikal dan aplikasi-aplikasi, bersama dengan perangkat keras, perangkat lunak, bisnis, dukungan staf IT yang menjalankan, dan LAN serta WAN yang mengkoneksikan mereka ke pengguna akhir. Kelanjutan bisnis dan rencana pemulihan IT harus memasukkan semua tindakan dalam setiap elemen yang diidentifikasi.
Rule 1
setiap harinya buat replika (dalam disk atau tape) dari "digital trio", yaitu :
• Sistem operasi tempat aplikasi berjalan dan patch level saat itu yang ditampilkan pada lingkungan produksi.
• Aplikasi kritis yang berjalan pada system operasi pada patch saat ini.
• Data.
Jangan ada istilah "no data loss." Bit-by-bit backup data adalah berharga.
Rule 2
Miliki "carbon copy" dari perangkat keras yang dibutuhkan untuk menjalankan tiruan digital. Penggunaan media backup terbaik adalah nilai kecil, jika tidak memiliki perangkat keras yang tepat ketika dan dimana data diperlukan dengan cepat untuk merestore digital trio ke peralatan baru atau yang siap.
Rule 3
Tulis langkah demi langkah untuk merestore tiruan digital ke carbon copy perangkat keras.
Rule 4
Selalu lakukan percobaan. Baik tiruan digital, perangkat keras dan dokumentasinya.
Rule 5
Capai praktek maksimum atau pemisahan yang mampu antar lokasi yang digunakan untuk operasi harian dan tempat penyimpanan tiruan, pemulihan perangkat keras dan dokumentasi. Lokasi backup pada kota yang sama hendaknya dihindari. Perhatikan batasan dari metoda komunikasi yang didukung oleh strategi jalur backup.
Rule 6
Respon dengan segera untuk kondisi yang beresiko tinggi. Badai Katrina memberikan pelajaran ketika kota tidak dapat berfungsi. Latihan teknis dan peroses bisnis untuk staf pada lokasi kerja alternatif.
Rule 7
Miliki dan sedikitnya identifikasi, koneksi alternatif, rute transmisi data dan sumber tenaga listrik. Bergantung di mana lokasi bisnis, alternatif rute dan sumber mungkin terbatas. Pelajari pilihan yang pada lokasi. Jika kantor cabang terhubung dengan kabel, putuskan investasi lain seperti penggunaan jalur satelit.
Rule 8
Aplikasikan konsep "Fort Knox", terapkan keamanan fisik lebih dari satu pada tempat penyimpanan tiruan.
Rule 9
Dokuentasi dan latihan perencanan bisnis keseluruhan. Uji coba dan recanakan dan jawab pertanyaan : Apakah proses bisnis operasi staf efisien setelah kejadian kurang baik.
Rule 10
Miliki dan operasikan alternative pengganti tenaga. Pertimbangkan tenaga generator listrik multi-fuel.
Rule 11
Tetapkan dan uji secara kontinu pada kondisi karantina.
Rule 12
Aplikasikan sumber daya yang diperoleh dan dirawat dari aturan 0-11 melalui daur hidup dalam aplikasi kritis.
Selain cek list diatas juga diperlukan strategi untuk menjalankan DR planning yang menyangkut hal-hal berikut : penilaian dampak bisnis, penemuan, anggaran, aturan dasar tim, proteksi data, logistik dan semiannual tes.

Faktor Manusia
Kesuksesan keamanan tergantung dari manusia. Eksploitasi keamanan dilakukan oleh manusia. Selain cara-cara yang telah disebutkan diatas. Faktor manusia perlu diatasi dengan menggunakan metoda dan teknik tertentu. Kebanyakan cara yang digunakan untuk mengatasi faktor manusia ini dengan menerapkan biometric, seperti yang dicontohkan pada bagian awal dari segi fisik. Teknologi biometric yang diterapkan pada sebuah data center merupakan cara yang dilakukan untuk menjamin privacy, integrity, authentication dan availability. Namun demikian karena ini menyangkut manusia keberhasilan penerapan biometric perlu juga didukung oleh staf dan kebijakan keamanan. Staf perlu dididik dan dilatih, dan diharapkan dapat timbul kesadaran akan keamanan dan mengurangi potensi keamanan yang dapat terjadi. Sekali lagi keamanan pada sebuah data center harus menyeluruh dan mengimplementasikan baik sisi keamanan fisik maupun sisi keamanan virtual.
Cara lain yaitu dengan melakukan zona keamanan pada data center. Cara ini dilakukan untuk membatasi orang terhadap ruang komputer dan peralatan vital lainnya. Seperti pusat pembangkit dan pusat pendingin juga harus diperhatikan karena dapat berpotensi mengganggu keamanan. Dalam setiap zona diterapkan kebijakan keamanan yang berbeda, penggunaan peralatan baik kamera pengawas, maupun teknologi biometric, password dan lainnya adalah cara yang dilakukan untuk pengamanan fisik.
Berikut ini penggunaan peralatan dan teknologi pada setiap zona untuk melakukan pengamanan fisik. Penggabungan keamanan fisik dan virtual mulai dilakukan disini. Penerapan detektor penyusup dapat pula diterapkan.
Zona 1 Wilayah sekeliling bangunan data center
Penggunaan kamera pengawas dan penjaga dapat dilakukan disini. Hal-hal tersebut telah diuraikan pada bagian pengamanan disekeliling bangunan.
Zona 2 Wilayah di dalam bangunan data center
Kita dapat membagi pengamanan dalam gedung menjadi beberapa level.


• Level pertama
Untuk masuk kegedung diperlukan kode akses tertentu. Penggunaan perangkat keras untuk memasukkan password digunakan disini baik secara manual atau menggunakan smart card telah banyak ditentukan.
• Level kedua
Tingkat kedua untuk masuk keruang administrasi yaitu penggunaan biometric, yang masuk kedalam seperti staf harus dapat dibaca oleh scaner untuk mendapatkan hak akses kegedung. Biometric yang digunakan tergantung dari kebijakan keamanan yang diterapkan dapat menggunakan handprint, fingerprint, iris atau identifikasi mata. Penggunaan voiceprint dan identifikasi kulit akan mulai diterapkan pada masa mendatang. Selain itu juga penggunaan biometric sangat mungkin diterapkan, jika dahulu mempunyai kendala pada biaya sekarang peralatan biometric relatif lebih murah. Selain itu juga data biometric yang ada perlu dienkripsi agar tidak mudah disalahgunakan oleh pihak lain.

Gambar 2.2 Peralatan biometric
• Level ketiga
Untuk masuk kedalam ruangan server diperlukan kombinasi baik menggunakan password, card reader serta biometric. Hal ini dimaksudkan agar orang yang berhak yang masuk kedalam.
Selain itu juga monitor 24/7 perlu dilakukan baik di wilayah sekitar gedung atau didalam gedung, pintu keluar, ruang komputer dan lainnya wajib dilakukan. Kesadaran akan gangguan keamanan dari pengguna yang berasal dari dalam adalah wajib dilakukan. Kepercayaan perlu diberikan namun pengawasan harus tetap dilakukan. Penerapan kebijakan menjadi point penting dalam hal ini. Penggunaan teknologi lainnya yang dapat mendukung keamanan merupakan hal yang layak untuk dipertimbangkan.

Tidak ada komentar: