Pages

Jumat, 16 Januari 2009

- Diakhir abad ke-20 perkembangan IT sangat pesat. Hal ini didorong oleh beberapa macam faktor, yaitu adanya percepatan dalam IPTEK. Dimulai dari adanya komputer generasi pertama yang masih menggunakan tabung hampa yang cepat panas dan tidak efisien hingga terciptanya komputer generasi kedua yang menggunakan resistor, lalu dilanjutkan dengan komputer generasi ketiga yang sudah menggunakan IC hingga adanya komputer generasi keempat. Adanya komputer yang semakin berkembang itu adalah konkrit dari dampak dari percepatan dalam IPTEK sehingga perkembangan IT pun menjadi sangat pesat. Arus informasi pun menjadi lebih cepat dan banyak sehingga menyebabkan timbulnya transformasi data menjadi informasi. Data-data atau fakta-fakata yang ada pun diolah untuk dijadikan informasi semakin efisien dan efektif. Data tersebut biasanya dan lebih banyak diolah dengan menggunakan komputer yang pada akhirnya menyebabkan perkembangan IT pun sangat pesat. Data yang di dapat dari hasil observasi dan lain-lain di olah sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang sangat berguna terutama untuk informasi. Dengan informasi tersebut kita dapat mengevaluasi segala kesalahan-kesalahan yang di buat dalam pengambilan keputusan.

- Dengan perkembangan tren IT saat ini tentunya semakin banyak para peminat IT untuk bekerja disebuah perusahaan apalagi dengan gaji yang menggiurkan, tentunya dengan hal tersebut akan membuat orang banyak untuk menjadi specialist IT. Tren IT yang terjadi dimasa depan bisa kita lihat mulai dari para versatilis yang lebih dominan dibandingkan spesialis IT. Orang-orang yang terbilang bukan dari orang IT dengan mudahnya mempelajari komputer tanpa harus menjadi spesialis IT. Arus informasi yang semakin pesat dan tak tertahan membuat para versatilis menjadi lebih mudah dan nyaman dengan menggunakan Internet. Dengan menggunakan Internet, mereka bisa mempelajari semuanya karena perusahaan-perusahaan IT pun banyak yang mengeluarkan produknya secara opensource maupun opensystem. Dengan demikian orang-orang tersebut dapat mempelajarinya sendiri tanpa harus menjadi seorang IT dan bisa mengembangkan diri mereka sehingga dapat mengalahkan orang IT atau spesialis IT sekalipun.

- Menurut pendapat saya Sertifikasi yang ada di LSP Telematika itu mempunyai dampak buruknya juga.Dampak Buruk yang terjadi yaitu Menurunnya tingkat kepercayaan pada ijazah Sarjana Komputer, kenapa?karena saat jika orang tersebut mempunyai title Sarjana komputer tetapi tidak mampu untuk melakukan suatu tugas/project sedangkan orang yang satu lagi tidak memiliki ijazah sarjana tetapi mempunyai kredibilitas yang tinggi dan mempunyai sertifikasi LSP Telematika, maka hal ini akan membuat para sarjana muda komputer tidak dipercaya lagi oleh banyak perusahaan.

- Pembajakan memang hal yang negatif, tidak bisa dipungkiri lagi bahwasanya selama ini hampir semua program dirumah kita menggunakan Aplikasi bajakan, namun pembajakan software mungkin harus di toleransi untuk beberapa apliksi tertentu, Hal ini perlu dilakukan mengingat atas dasar kepentingan tertentu seperti dalam hal pendidikan yang diantaranya untuk pelajar dan mahasiswa yang rata-rata memiliki dana yang begitu minim, tentunya tidak mampu untuk membeli aplikasi yang asli dan akhirnya membeli aplikasi bajakan tersebut. Aplikasi suatu software Bajakan juga mudah di dapatkan tetapi juga di jual dengan harga yang realtif murah sehingga semua kalangan mampu untuk membelinya. Karena faktor itulah saya mengemukakan pendapat itu.

- Mungkin suatu ancaman apabila suatu lulusan perguruan tinggi mempunyai title tetapi tidak sesuai dengan kompetensi,hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu karena suatu perubahan di dunia IT yang sangat cepat mungkin banyak kalangan yang tidak mampu terus mengikutinya sehingga pembelajaran akan hal IT tidak sesuai dengan kondisi yang ada.Faktor kedua mungkin hal ini yang membuat sarjana computer banyak menganggur dikarenakan tidak siap untuk terjun langsung ke dunia kerja sesungguhnya,mereka merasa minder atas apa yang selama ini mereka pelajari.,jadi jelas ada kaitannya kedua faktor tersebut.

Tidak ada komentar: